9 Jajanan Hits Cocok Jadi Oleh-Oleh Kekinian Jakarta

Ngomongin oleh-oleh kekinian Jakarta ini gak bakal ada habisnya seiring tren jajanan viral nan fancy yang gak berhenti masuk ke kota metropolitan terbesar di Indonesia ini.

Flashback bentar yaa. Di jaman dulu, jananan otentik yang dibawa dari “Jakarta” biasanya kue-kue khas betawi yang tahan lama kayak dodol Betawi, kue kembang goyang, kue akar kelapa, kue semprong dan lainnya. Tapi, cemilan-cemilan traditional ini sekarang udah tersebar dan bisa banget ditemui di seluruh kota di Indonesia. 

Makanya, oleh-oleh khas Jakarta jaman now ini didominasi sama jajanan masa kini yang booming di media sosial dan biasanya belum ada atau bahkan gak ada di daerah-daerah lain.

Nah biar lo gak bingung, kali ini tim indoguidebook bakal kasih list beberapa jajanan kekinian di Jakarta mulai dari cemilan asli Indonesia “khas” anak Jakarta sampe jajanan viral dari brand-brand import yang bisa jadi buah tangan setelah lo liburan ke Jakarta dan pastinya aman dibawa perjalanan jauh. 

1. Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Oleh-oleh Kekinian Jakarta-Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Source: Instagram @pisanggorengmadubunanik

“Gorengan is one of the best Indonesian snacks we can’t live without!” Gak heran kalo gorengan jadi menu wajib di segala acara. Hobi ngemil kudapan yang digoreng ini akhirnya menciptakan banyak kreasi gorengan di Indonesia, contohnya pisang goreng. Di beberapa daerah treatment pisang goreng berbeda-beda. Nah, salah satu kreasi pisang goreng yang unik dan legendaris di Jakarta adalah pisang goreng madu Bu Nanik. 

Pisang goreng Bu Nanik ini juga disebut si hitam manis karena rasanya yang legit dan manis, juga warnanya yang kehitaman hasil dari proses karamelisasi madu saat digoreng. Tekstur gorengan ala Bu Nanik ini crunchy di luar, enyoy di dalam. Selain pisang, nanas goreng madu Bu Nanik ini juga jadi rekomendasi kita buat yang gak terlalu suka manis. Rasanya asam manis dan segarnya si buah nanas ini gak ilang walopun udah digoreng sampe crispy. Yummy!  

Gorengan di sini tuh gede-gede ya, guiders. Jadi worth it harga Rp6.600 buat satu pisang goreng madu ala Bu Nanik ini. Oiya, buat lokasinya ada di Tanjung Duren, Jakarta Barat ya. Tapi, kalo lo repot, mereka juga bisa dipesan via ojek online atau Tokopedia (instant delivery) buat yang jauh dari daerah Tanjung Duren. 

Range Harga Rp6.600-Rp8.800/pcs
Jam Operasional 08.00-17.00 WIB
Lokasi Jl. Tanjung Duren Raya No.67, Tj. Duren Sel., Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470

 2. Heni’s Roti Baso Ayam

Oleh-oleh Kekinian Jakarta-Heni's Roti Baso Ayam
Source: Instagram @rotihenis

Buat para foodies pasti udah pada tau nih roti legend produksi Heni’s. Buat yang belum tau nih, Heni’s ini adalah restaurant yang lengkap dengan bakery dan snack shopsnya juga. Bakery-nya sendiri terkenal akan rotinya yang simple tapi rasanya mewah karena keliatan banget dari rasanya kalo mereka pake bahan-bahan kualitas bagus gitu. 

Rotinya sendiri ada 4 varian. Ada roti dengan isian baso ayam, coklat, keju, dan coklat keju.Dan.. varian andalan dari Heni’s ini adalah yang baso ayam. Isiannya full dari ujung ke ujung si rotinya. Rasanya cenderung agak manis tp masih berasa juga gurihnya. Tekstur rotinya juga lembut empuk banget,

Nah, buat yang mau jadiin roti baso ayam ini pilihan oleh-oleh dari Jakarta, gak perlu khawatir basi di perjalanan ya. Karena jajanan popular di Mangga Besar ini terbuat dari bahan-bahan terbaik dan bisa bertahan selama 3 hari di suhu ruang.

Range Harga Rp11.000/pcs
Jam Operasional 07.00-20.30 WIB
Lokasi Jl. Raya Mangga Besar No.27, RT.9/RW.5, Mangga Besar, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11180

3. Bakerman Croffle

Jajanan Hits Jakarta-Bakerman Croffle
Source: Instagram @bakerman.id

Bukan dari Korea Selatan, croffle asalnya dari Dublin Irlandia dan udah ada sejak 2007. Tapi camilan ini menuju puncak booming-nya di Korea Selatan sejak penyanyi Kang Min Kyung sebut croffle sebagai cemilan favoritnya. Nah, kepopuleran croffle ini juga berlanjut di Indonesia. Salah satu croffle ter-dabest di Jakarta adalah Bakerman. Jajanan ini juga cocok jadi oleh-oleh kekinian dari Jakarta loh. Karena gak cuma enak, tapi aman banget buat dibawa kemana-mana.

Spill dikit ya buat lo yang belum pernah coba, croffle di Bakerman ini adonannya buttery, wangi dan gurih gitu rasanya. Original croffle-nya pun enak dan udah ada topping gula di luarnya. Si gula ini nih yang bikin manis dan shiny on the edges. Oiya, buat teksturnya tuh crunchy di luar dan fleaky, lembut plus berlapis-lapis gitu dalamnya. Yumm! It’s really worth the hype.

Harga croffle Bakerman ini masih masuk akal juga lho, lo cukup bayar Rp25.000/1 pcs buat yang original. 

FYI nih, Bakerman di Ashta District 8 ini sebenarnya buka dari jam 8 pagi, tapi croffle-nya baru ready mulai jam 11 siang. Jadi, kita saranin buat dateng pagian jam 9 gitu biar gak antri panjang dan lo bisa coba dine in menu lainnya sambil nunggu si croffle siap dipesen ya, guiders!

Range Harga Rp25.000-28.000/1 pcs croffle
Jam Operasional 08.00 – 21.00 WIB
Lokasi Ashta at District 8, GF 06-07, Jl. Jend. sudirman kav 52-53 No.8, RW.3, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta 12190

 4. Union Red Velvet Cake

Camilan Khas Jakarta-Union Red Velvet Cake
Source: Instagram @unionjkt

Red velvet cake a la Amerika ini adalah salah satu cake andalan dari Union bakery yang sempat viral. Bahkan sampai sekarang, kue ini masih banyak penikmatnya dan disebut-sebut jadi makanan khas anak Jaksel. Gak heran kalo Union red velvet cake ini juga jadi andalan oleh-oleh kekinian Jakarta karena kelezatannya meskipun harganya lumayan pricey.

Ngomongin soal rasa, Union red velvet ini manisnya gak berlebihan, jadi gak bikin eneg. Tekstur cake-nya moist, bukan yang spongy gitu. Ditambah ada taburan nougat yang nyelimutin cake ini bikin rasa dan teksturnya lebih kaya jadi ada gurihnya dan crunchy gitu. Buat aromanya, aroma rum di kue ini lumayan kuat yaa. Tapi tenang, buat lo yang gak bisa makan kue yang mengandung rum, ada ube cake, atau nastar crumble cake di Union juga wajib buat lo cobain.

Nah, kalo buat daily dessert, harga Union red velvet cake ini agak pricey ya. Buat yang original red velvet cake dibanderol Rp75.000/slice dan kalo order via ojek online, harganya jadi Rp90.000/slice tergantung . Tapi kalo jadi oleh-oleh, harga dari cake Union ini worth it banget karena per slice-nya tuh lumayan gede ya dibanding cake dari brand-brand lainnya.  

Range Harga Rp70.000-80.000/slice cake
Jam Operasional 10.00 – 21.00 WIB
Lokasi Plaza Senayan Ground Floor, Jl. Asia Afrika No.8, RT.1/RW.3, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270

5. Royce’ Chocolate

Royce Chocolate
Source: Instagram @roycechocolate.id

Royce’ yang terkenal dengan produk “nama chocolate”-nya ini asalnya dari Jepang. Chocolate yang jadi salah satu oleh-oleh favorit dari Hokkaido ini udah populer sejak dulu dan udah tersebar di berbagai negara, termasuk Indonesia. Kepopuleran dari nama chocolate ini juga didukung dengan kemunculannya di scene romantis Ahn Min-hyuk (Park Hyung-sik) dan Do Bong Soon (Park Bo) di K-Drama “Strong Woman Do Bong Soon”. 

Nah, kalo soal rasa, nama chocolate dari Royce ini gak ada lawan. Jadi nama chocolate ini rasanya tuh not too sweet karena dilumuri bubuk coklat yang bikin balance dan gak eneg. Trus tekstur coklatnya lembut, chewy tapi leleh banget di mulut. Sekali gigit, gak bisa berhenti sih kalo gak inget harganya. Haha 

Varian best seller-nya ada Champagne Pierre Mignon. Tapi buat yang gak konsumsi alkohol bisa banget pilih varian yang ada keterangan “Liquor free” kayak Ghana Bitter.

Oiya, lanjut spill harga nih, chocolate dari Royce ini lumayan pricey ya di Indonesia. Butuh Rp269.000 buat dapetin 1 box imut (14 x 14 cm) Dark Chocolate Ghana Bitter. Tapi worth it banget buat dibawa pergi jauh karena packaging-nya super safety karena dibungkus pake cooler bag dan ada dried ice-nya juga buat jaga si coklat gak leleh. Dried ice ini bisa tahan selama 4 jam ya, guiders.

Range Harga Rp25.000-Rp28.000/1 pcs croffle
Jam Operasional 09.30 – 20.30 WIB
Lokasi Plaza Indonesia. Jl. MH. Thamrin No. 28 – 30 Gondangdia Menteng Jakarta Pusat DKI Jakarta, RT.9/RW.5, Gondangdia, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10350

6. Paris Baguette

Jajanan Kekinian Jakarta-Paris Baguette
Source: Instagram @parisbaguette_id

Lagi-lagi racun drama Korea udah masuk ke Indonesia nih, guiders. Yup! akhirnya, Paris Baguette nih launching outlet pertamanya di Ashta, District 8 sebelahan sama Bakerman. 

Franchise bakery terbesar di Korea Selatan ini pernah jadi setting tempat di K-Drama “Mr. Sunshine” dengan nama fiktif “Bullanseo Bakery” dan sering muncul di drakor  kayak “The King: Eternal Monarch” dan “The Best Hit”. 

Btw nih ya, menu di Paris Baguette Ashta ini beragam banget, mulai dari makanan berat (main course), pastry, cake, sandwich, salad, sampai minuman non-coffee dan kopi-kopi ala Eropa. Dan sesuai namanya, sandwich andalan di sini tuh pake baguette ya, guiders. Jadi paling enak kalo dimakan pas anget-angetnya karena kalo udah kelamaan baguette-nya jadi agak keras. Oiya, kalo buat oleh-oleh, kita saranin yang croissant dan roti-rotinya atau plain baguette-nya aja ya karena kalo versi sandwich-nya ini agak beresiko kalo dibawa perjalanan jauh. 

Oiya, buat harga menu di Paris Baguette ini lumayan mahal tapi worth it dengan rasa dan ingredients yang mereka pake. Harga sandwich-nya mulai Rp75.000, croissant-nya mulai dari Rp28.000, kalo rotinya mulai dari Rp24.000 dan harga baguette-nya sendiri Rp60.000. 

Range Harga Rp24.000-Rp90.000 (pastry dan bread)
Jam Operasional 08.00 – 22.00 WIB
Lokasi Ashta at District 8, Jl. Jend. sudirman kav 52-53 No.8, RW.3, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta 12190

7. Dough Lab Artisanal Cookies 

Oleh-oleh Kekinian Jakarta-Doughlab Cookies
Source: Instagram @dough.lab

Dough Lab ini termasuk soft baked cookies yang paling enak di Indonesia. Gak heran kalo Dough Lab cookies juga jadi oleh-oleh kekinian khas Jakarta. Artisanal cookies ala NYC ini viral di tahun 2020 dan sampai sekarang, akhir tahun 2021, masih eksis rasa cookies premium yang konsisten.

Jadi gak perlu ragu lagi soal rasa, walopun semua soft cookies di sini basic-nya manis tapi ada asin-asinnya dari taburan sea salt yang bikin rasanya tuh gak eneg. Kalo ngomongin teksturnya, cookies produksi Dough Lab ini crispy on the edges tapi juga chewy di dalem. Enak banget deh pokoknya dimakan sambil dicelupin ke susu anget.

O iya, varian cookies Dough Lab ini banyak banget jadi harganya juga variatif ya. 

Buat yang bingung mau mulai darimana, kita rekomendasiin buat coba dulu deh yang original, “the OG” yang kecil-kecil dan “the BFF” buat versi gedenya. Nah, kalo penasaran sama cookies favorit Raisa, lo pilih yang ”the Duchess”, cookies ini mirip sama cookies dari Levain bakery. Oiya, ada yang vegan friendly juga lho nama menunya the Flower Child, dan kalo lagi diet bisa pilih yang gluten free, the New Yorker.

Range Harga Rp27.500-Rp187.000
Jam Operasional 08.00-22.00 WIB
Lokasi Pantja Restaurant. Jl. Senopati Jl. Iskandarsyah Raya, RT.6/RW.3, Senayan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12190

(Tersedia juga di: PIK Avenue, Pondok Indah Mall 3, Plaza Indonesia, Grand Indonesia, Central Park)

8. Famous Amos Cookies

Famous Amos Crunchy Cookies
Source: Instagram @famousamosid

Brand Famous Amos asal Los Angeles ini udah masuk ke Indonesia sejak 1997 dan sekarang outletnya tersebar di mall-mall besar di Jakarta. Famous Amos ini gak cuma jual produk coklat import, tapi cookiesnya juga juara lho. Ada 2 tipe cookies di sini, soft cookies dan crunchy cookies. Dari kedua tipe itu, yang pernah booming jadi oleh-oleh dan meramaikan dunia jastip Jakarta adalah crunchy cookiesnya. Rasanya yang lezat dan teksturnya yang crunchy dan kering bikin cookies ini banyak digandrungi karena lebih awet dibanding soft baked cookies.  

Famous Amos crunchy cookies ini ukurannya bite size dan punya banyak varian rasa ya. Ada chocolate chip pecan, oatmeal raisin, double chocolate chip, macadamia chocolate chip, dan no nut chocolate chip. Semua cookies di sini freshly baked dan bisa custom mix 2 varian buat tiap 1 pack-nya ya. 

Crunchy cookies dari Famous Amos bisa dibeli per 100 gram dan kelipatannya ya, guiders. Kira-kira ada 10-15 keping cookies per 100 gram-nya. Buat harga 100 gram-nya dibanderol Rp45.000. 

Range Harga Rp45.000-Rp205.000 (crunchy cookies)
Jam Operasional 10.00 – 22.00 WIB
Lokasi
  • Store: Pondok Indah Mall 1, Gandaria City, Senayan City, Mall Kota Kasablanka, Emporium Pluit, Central Park Mall, Baywalk Pluit, Mall Kelapa Gading 3, Lippo Mall Puri, Mall Alam Sutera, AEON Mall BSD City
  • Foodhall: Pondok Indah Mall 2, Plaza Senayan, Grand Indonesia, Plaza Indonesia

9. Uncle Tetsu Japanese Cheesecake

Uncle Tetsu Cheesecake
Source: Instagram @uncletetsuindonesia

Uncle Tetsu adalah cheesecake yang asalnya dari Jepang dan udah ada sejak tahun 1990. Brand ini masuk pertama kalinya ke Indonesia sekitar tahun 2017 di Jakarta. FYI, sekarang outlet Uncle Tetsu ini juga udah tersebar di 4 kota besar lainnya lho. 

Nah, buat yang belum pernah coba, kita rekomendasiin yang signature cheesecake-nya. Rasanya dijamin gak bikin eneg karena manisnya gak too much tapi tetep cheesy. Daaann… asli dah dari gigitan pertama cheesecake ini langsung lumer di mulut. Teksturnya kayak busa gitu. Cocok banget buat lo yang suka cheesecake dengan tekstur super lembut. Apalagi kalo fresh from the oven, pas lagi anget-angetnya tuh beuuuhhh gak perlu dikunyah lagi udah langsung ketelen. 

Anyway, cheesecake ini cuma bisa bertahan 3 hari aja ya, jadi lebih baik disimpan di kulkas kalo mau buat oleh-oleh. Walopun kalo dah masuk kulkas teksturnya bakal lebih nge-set dan gak selumer waktu pertama kali beli, tapi rasanya tetep otentik, yummy, dan gak berubah kok. 

Range Harga Rp80.000-Rp100.000 (cheesecake)
Jam Operasional 10.00-22.00 WIB
Lokasi Central Park Mall, Pondok Indah Mall 1, Mall Kelapa Gading, Summarecon Mall Bekasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.