7 Tempat Nongkrong di Jakarta Selatan, Hidden Gemnya Jaksel!

Memanggil Guiders sekalian, si anak tongkrongan yang suka explore tempat baru, hidden gem di padatnya ibukota, untuk nyobain dateng ke tempat nongkrong di Jakarta Selatan ini!

“Nyauut! Ada apa nih min manggil-manggil?”

Nih mimin mau ngasih tau ke lo-lo pada, Guiders budiman si anak nongkrong parah, tentang 7 tempat nongkrong di Jakarta Selatan yang bisa disebut sebagai hidden gemnya dunia pertongkrongan.

Tapi sebelum masuk ke listnya, mimin mau ngasih tau sedikit nih tentang apasih yang di maksud hidden gem pada konteks tempat nongkrong ini. Yuk, matanya lirik ke penjalasan dibawah ini ya!

Hidden Gem, Hidden Gem! Emang apa sih artinya?

Hidden gem sendiri jika di artikan secara harfiah ialah “permata tersembunyi”. Tapi untuk konteks kali ini, yang dimaksud adalah tempat nongkrong tersembunyi, yang letaknya tersembunyi, jauh dari jalan utama dan bisingnya kota dan relatif tidak banyak orang tau tentang adanya lokasi nongkrong ini namun memiliki kecantikan dan uniqueness tersendiri.

Paham? “Paham, min” Cakep! Kalo gitu, ini dia list-list tempat nongkrong “permata tersembunyi”-nya JakSel. Selamat membaca, Guiders!

1. Menikmati pemandangan sunset dan MRT, Sore Izakaya Fatmawati

Sore Izakaya
Sore Izakaya (Source: Instagram @soreizakaya)

Kapan lagi bisa bercengkrama bareng temen-temen lo, di rooftop, memandangi langit senja jingga merah jambu dan kereta MRT lalu lalang persis di depan lo, sambil menikmati santapan ramen dan menu khas Jepang lainnya. Cuma di Sore Izakaya Fatmawati!

Berlokasi di lantai 2 dan 3 gedung Optik Internasional Fatmawati, Sore Izakaya menawarkan suasana serasa di Izakaya, dengan hiasan lampion yang menggantung, dekorasinya yang jejepangan banget, cocok buat lo yang mau nongkrong santai bareng temen-temen sehabis kerja maupun sibuk beraktifitas lainnya.

Dari namanya sendiri, tentu dong menu yang ditawarkan juga menu khas Jepang seperti Ramen, Omurice, Yakiniku Don, Gyutan Don, Chiken Nanban, Yakitori, Takoyaki, Gyoza, Kakigori,  dan lain lain. Untuk minumannya tersedia Ramune, Bundaberg, Ocha dan lain – lain.

Rooftopnya Sore Izakaya cukup jadi spot yang diminati sama para pengunjung loh, Guiders. Apalagi di jam-jam menjelang sore. Selain lo bisa menikmati matahari terbenam bak anak indie, lo juga disuguhkan dengan pemandangan kereta MRT berseliweran yang posisinya cukup dekat dengan rooftopnya. Which is for me, this is a kinda new and exciting experience.

Range Harga Rp50.000 – Rp100.000 /orang
Jam Operasional 08.00 – 23.00 WIB
Lokasi Jl. RS. Fatmawati Raya No.39, RT.14/RW.4, Cipete Sel., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan
Instagram @soreizakaya

2. Ngepiknik Lucu di Rumah Kembar, Twin House Cipete

Rumah Kembar, Twin House Cipete
Twin House Cipete (Source: Instagram @twinhouse.id)

Buat Guiders yang pengen ngerasain nongkrong dengan suasana layaknya rumah nenek, ya Twin House Cipete!  Sesuai dengan tagline mereka #MakeYourselfAtHome, begitu lo dateng ke tempat ini langsung berasa ambience homey-nya.

Lokasi Twin House Cipete ini memang agak tersembunyi nih, Guiders. Harus masuk gang yang ada di Jl. Cipete Raya No.4B, RW.4, baru deh keliatan cafe & restorannya. Bener-bener kayak rumah banget deh dari pertama kali lo masuk.

Menu yang disediakan disini juga beragam loh, dari menu makanan western, brunch, camilan, pasta, aneka salad, shirataki, makanan manis juga ada menu tummy filler yang ngenyangin. Menu minumannya juga cukup beragam, mulai dari kopi, non kopi, teh, smoothies, jus, milkshake dan lain-lain. Beragam banget deh pokoknya.

Twin house menyediakan dua pilihan tempat, ada indoor dan outdoor. Lo bisa menikmati indoor yang terasa seperti di ruang tamu, dengan konsep interior yang vintage dan rustic serasa seperti di rumah nenek. Tapi kalo lo mau nongkrong dengan suasana yang asri dan bisa lesehan di taman beralaskan kain piknik, lo mesti cobain outdoornya. Cocok deh buat lo yang mau nongkrong santai bareng temen-temen, pacar atau bahkan keluargamu.

Range Harga Rp50.000 – Rp100.000/orang
Jam Operasional 07.00 – 22.00 WIB
Lokasi Jl. Cipete Raya No.4B, RW.4, Cipete Sel., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan
Official Website twinhouse.co.id
Instagram @twinhouse.id

3. Ijo ijo ya Fabsterbrew Kemang, jo!

Fabsterbrew Kemang
Fabsterbrew Kemang (Source: Instagram @fabsterbrew)

“Ijo ijo? Apaan nih thor maksudnya? Lo ngajakin nongkrong di hutan apa gimane?” Hohoho…. Tenang aja, Guiders. Ijo ijo yang dimaksud di sini adalah ambiencenya Fabsterbrew Kemang yang terasa seperti hutan di tengah-tengah kota. 

Berada di Jl. Kemang Timur No.89b, RW.3, cafe ini termasuk ke hidden gem cafe karena lokasinya yang juga cukup tersembunyi dan cukup jauh dari jalan utama, namun tempatnya homey banget. Sampai-sampai tempat ini bisa disebut sebagai Hideout. Ketika lo masuk ke tempatnya, lo langsung disuguhi dengan banyak banget tanaman-tanaman hijau disekitarnya, dipercantik dengan eksterior yang dominan berwarna coklat kayu dan hitam. Serasa nongkrong di hutan bukan?

Di sini menunya juga cukup beragam, mulai dari classic coffee, manual brew, signature drinks, blended, tea, mocktail, soft drinks, juga ada menu makanannya yaitu homemade soup, aneka ayam, fish & chips, mie & pasta dan aneka camilan.

Oh iya, yang uniknya juga dari tempat ini rutin ngadain jazz, soul & blues night performance juga loh, Guiders! Jadi bisa nongkrong seru, di tempat yang tersembunyi dan dikelilingi tanaman hijau, sambil ditemani lantunan musik jazz, soul & blues. Lo bisa cek di instagramnya untuk tau jadwal penampilannya lebih lanjut ya!

Range Harga Rp50.000/orang
Jam Operasional 10.00 – 24.00 WIB
Lokasi Jl. Kemang Timur No.89b, RW.3, Kemang, Bangka, Kec. Mampang Prpt., Jakarta
Instagram @fabsterbrew

4. Rasa Teh yang Otentik Di Rumah Petani, House Of Tea Fatmawati

House Of Tea: Rumah Petani Jadi Tempat Nongkrong di Jakarta Selatan
House Of Tea (Source: Instagram @houseofteaid)

“Spill the tea, sis!”

Eits, ini bukan tea yang sering jadi senjatanya anak twitter dong, Guiders. Ini House Of Tea Fatmawati. Dari tadi listnya kebanyakan ngebahas tempat nongkrong yang tematik kopi terus kan. Nah kali ini, kita kasih alternatif lain yang gak kalah menarik. House of Tea Fatmawati bisa jadi jawaban buat lo pecinta teh.

Terletak di Jl. Poncol No.3B, RT.6/RW.5, tidak di jalan utama memang, namun House of Tea bisa jadi tempat yang tepat buat lo yang mau nongkrong yang jauh dari bising kota Jakarta, ditemani teh hangat dengan ambience taman yang homey, cozy serta asri.

Sesuai namanya, menu teh adalah spesialisasinya. Ada White Tea, Black Tea Royal, Oolong Tea, Pu’er Tea, Green Tea, Chamomile Flower, Red Rose Flower, dan masih banyak lagi. Alternatif lain selain teh juga ada, seperti Gayo Coffee dan Chocolate. Selain minuman, ada juga menu makanan yang bisa menemani lo nge-teh, ada rawon, herb fried rice, chicken rice bowl, aneka pasta, snacks dan masih banyak lagi.

Fun fact-nya, ternyata House of Tea ini merupakan tempat tinggal dari pemiliknya yang bernama pak Gunawan yang kemudian halaman belakangnya dijadikan sebagai kedai teh ini. Pak Gunawan sendiri merupakan seorang petani teh dan punya perkebunan tehnya sendiri loh. Beliau pun juga tidak sungkan untuk mengajak pelanggan-pelanggannya ngobrol ditemani dengan teh hasil racikannya sendiri. Duh, berasa banget hangat dan welcome deh kalo disini. Serasa rumah nenek beneran!

Range Harga Rp50.000/orang
Jam Operasional 16.00 – 21.00 WIB (tutup setiap hari kamis)
Lokasi Jl. Poncol No.3B, RT.6/RW.5, Gandaria Sel., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan
Official Website houseoftea.business.site
Instagram @houseofteaid

5. Tempat Nongkrong Bukan Untuk Ngeprint Skripsi, Warung Fotkop Cipete

Warung Fotokopi Cipete: Tempat Nongkrong di Jakarta Selatan
Warung Fotkop Cipete (Source: Instagram @fotkop_)

“Yeh, si mimin mulai nih becandanya. Masa iya kita disuruh nongkrong di tempat fotokopi. Mau minum tinta printer sambil cemilin streples??”

Yeee…. Baca dulu, Guiders. Kali ini mimin mau ngasih tau tempat nongkrong hidden gem yang punya nama unik dan tempatnya juga gak kalah asik.

Warung Fotkop terletak di Jl. Nangka I No.6, RT.2/RW.5, berlokasi gak jauh dari MRT Haji Nawi ini kalo dari luar bangunannya terlihat tak begitu besar, namun ketika lo masuk ternyata dalamnya memiliki area yang cukup luas dengan interior yang berkonsep rustic.

Nah, untuk menunya ada yang unik nih, selain menu kopi seperti espresso based, manual brew dan cold brew, juga non-coffee, Warung Fotkop yang berkerja sama dengan Warung Pa’e punya menu Mangut khas Jawa Tengah. Ada 3 varian Mangut, yaitu lele, pari dan juga ayam. Selain Mangut, juga ada menu nasi lainnya yang siap untuk mengisi perut lo.

Buat Guiders yang anaknya artsy dan aesthetic banget, lo mesti kunjungin tempat ini. Punya dua area, indoor dan outdoor. Dimana area outdoornya yang dipenuhi dengan tanaman – tanaman sedangkan indoornya yang di percantik dengan lukisan-lukisan, mural, juga ada koleksi roll film, kamera antik dan ornamen-ornamen artsy lainnya yang makin nge-buat tempat ini semakin instagramable. Ohiya, tempat ini walaupun tidak ber-AC, namun tetep bisa jadi tempat nongkrong yang nyaman kok, Guiders. Plus, mereka juga suka ngadain event seru dan menarik seperti art exhibition, live music performance, workshop, talkshow, sharing session dan banyak lagi. Fix anak artsy musti kesini! Cek-in aja ke IGnya untuk informasi lebih lanjut ya! 

Range Harga Rp50.000/orang
Jam Operasional 09.00 – 21.00 WIB
Lokasi Jl. Nangka I No.6, RT.2/RW.5, Cipete Utara, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan
Instagram @fotkop_

6. Perkawinan Jawa dan Yunani, HaloNiko! Mini Pejaten

HaloNiko! Mini Pejaten
HaloNiko! Mini Pejaten (Source: Instagram @warunghaloniko)

Nah, untuk tempat nongkrong yang satu ini, gak kalah homey juga nih. Udahlah homey banget, perpaduan menu makanannya unik, tamannya luas, ada mini playgroundnya dan ada kolam renangnya loh!

HaloNiko! Mini terletak di Jl. Pejaten Barat Raya No.16A, yang aksesnya masuk lewat gang Griya Patria Guest House, memiliki bangunan yang terasa seperti hunian. Dengan banyaknya pohon-pohon di sekitarnya, tamannya yang luas dan juga kolam renangnya memberikan suasana nongkrong yang sejuk dan asri. Indoornya juga gak kalah seru, karena bangunannya di kelilingi dengan kaca, jadi buat lo yang nongkrong di indoor bisa dapet view taman dan kolam renangnya jadi tetep terasa sejuk.

Gak kalah unik nih kalo ngomongin soal menunya. Di sini ada makanan khas Yunani dan makanan khas Jawa yang disediakan dalam satu tempat. “Hah? Gak salah nulis lo min??” Nih, biar mimin kasih tau beberapa menu yang ditawarkan oleh HaloNiko! Mini. Ada makanan khas Yunani mulai dari Souvlaki, Skepasti, Spinach Lazania, Pastichio, Greek Meat Balls, sampai Greek Salad dan masih banyak lagi. Kalau makanan khas Jawa-nya ada menu Sego, Sate Kangen, Ayam Sori, Udang Mrenges dan lain – lain. Dan untuk minumannya pun juga ada khas Yunani dan Jawa, seperti Greek Coffee, Greek Tea, Kopi Gandes, Kopi jawa dan lain-lain. Juga ada minuman alkohol seperti Bir dan ada juga yang bisa dipesan pitcher-an seperti Senang Gembira Shangria dan Mari Ketawa Shangria.

Buat Guiders yang pengen nongkrong bareng keluarga dan ngajak keponakan atau anak yang masih kecil-kecil, cocok banget nih ke tempat ini. Selain tempatnya yang homey banget, pada taman belakangnya HaloNiko! Mini ada mini playground dan ayunannya! Jadi si kecil bisa main sepuasnya dan lo pun bisa hangout atau quality time bareng keluarga lainnya dengan tenang. Ohiya, ngomongin soal kolam renangnya, Guiders juga bisa berenang disini. “Hah? Serius min?” Yes, tapi dengan catatan lo harus reservasi dulu ya!

Range Harga Rp100.000 – Rp200.000/orang
Jam Operasional 09.00 – 19.30 WIB
Lokasi Jl. Pejaten Barat Raya No.16A, RT.1/RW.10, Ragunan, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan
Official Website warunghaloniko.com
Instagram @warunghaloniko

7. Nge-Bultang di Halaman Belakang, Anarawata Kopi & Teh Mampang

Anarawata Kopi & Teh Mampang
Anarawata Kopi & Teh (Source: Instagram @anarawatakopi)

Kalo dilihat dari depan, memang seperti rumah dengan teras depan yang cukup luas dengan pagar pada umumnya. Tapi tunggu sampe lo masuk ke halaman belakangnya. Inilah tempat nongkrong bak halaman belakang rumah dari Anarawata Kopi & Teh Mampang yang ternyata ada lapangan bulutangkisnya juga loh!

Berposisi di Jl. Duren Tiga Raya No.28, persis di samping jalan. Dilihat dari bangunan yang layaknya rumah perkomplekan, tempat nongkrong yang satu ini pasti buat lo-lo semua pada betah. Karena sejatinya sebuah rumah, lo akan disuguhkan ambience yang homey banget. Udah gitu nongkrongnya di halaman belakangnya yang luas, yang memang merupakan spot dari Anarawata Kopi ini. Tempatnya di sini ada yang semi-outdoor dan outdoor. Dengan berpijak bebatuan kecil dan agak geser sedikit ada lapangan bulu tangkis, plus dengan netnya juga loh. Seolah lo main kerumah temen lo, tapi bingung mau nongkrong di mana akhirnya yaudah deh nongkrong di halaman belakangnya yang luas dan adem.

Enggak jauh-jauh dari perkopian dan teh, menu yang ditawarkan ada menu espresso based, es kopi susu, manual brew, teh, non-coffee, mocktails juga ada Coffee Beer dan Badak Sarsaparila. Di sini juga dilengkapi dengan menu makanan seperti aneka ramen, donburi, snack dan menu dessert. 

Nah serunya disini, lo bisa pake lapangan bulutangkisnya juga loh. Jadi ada nambah aktivitas baru nih selain nongkrong, lo juga bisa cari keringet di sini. Asal bawa peralatanmu sendiri dan ijin dulu kalo mau pake lapangan sama baristanya ya. Oh iya, sama di sini pun juga jadi tempat nongkrongnya komunitas anak-anak motor custom loh dan punya kegiatanya sendiri yang dinamakan Anaride, sunday morning riding ngiterin jakarta. Jadi buat lo anak motor, cocok banget nongkrong di sini. Mana tau jadi punya temen baru dan bisa riding bareng.

Range Harga Rp50.000/orang
Jam Operasional
  • 14.00 – 22.00 WIB (Senin-Kamis)
  • 14.00 – 23.00 WIB (Jumat-Sabtu)
  • Minggu tutup
Lokasi Jl. Duren Tiga Raya No.28, RT.5/RW.5, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan
Official Website anarawata-kopi.business.site
Instagram @anarawatakopi

 

Dah, segitu dulu ya untuk 7 list tempat nongkrong hidden gem Jakarta Selatannya. Semoga bisa nambahin referensi baru buat lokasi nongkrong selanjutnya, supaya tempat nongkrongnya gak di situ-situ aja. So, thank you ya udah baca. Have a good day, Guiders. Salam tongkrongan!

Bimosatryo Ananda

Sambil jalan, sambil belajar. Kuli kontennya IndoGuideBook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.